Artikel ini mempelajari berbagai perangkat input / masukan dalam komputer. Perangkat input / masukan ini berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer dan diolah oleh sistem operasi sesuai dengan aplikasi yang membutuhkan.
Artikel ini mempelajari berbagai perangkat input/masukan dalam komputer. Perangkat input / masukan ini berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer dan diolah oleh sistem operasi sesuai dengan aplikasi yang membutuhkan. Artikel ini juga sebagai bahan ajar Perakitan Komputer.
Berikut ini adalah beberapa perangkat input penting yang digunakan dalam komputer:
- Keyboard
- Mouse
- Joy Stick
- Light pen
- Track Ball
- Scanner
- Graphic Tablet
- Microphone
- Magnetic Ink Card Reader(MICR)
- Optical Character Reader(OCR)
- Bar Code Reader
- Optical Mark Reader(OMR)
Keyboard
Keyboard adalah perangkat input yang paling umum dan sangat populer yang membantu dalam memasukkan data ke komputer. Tata letak keyboard adalah seperti itu dari mesin tik tradisional, meskipun ada beberapa tombol tambahan yang disediakan untuk melakukan fungsi-fungsi tambahan.
Keyboard adalah dari dua ukuran 84 kunci atau 101/102 kunci, tapi sekarang keyboard dengan 104 tombol atau 108 tombol juga tersedia untuk Windows dan Internet.
Tombol pada keyboard adalah sebagai berikut:
Sr.No | Kunci | Deskripsi |
---|---|---|
1 | Typing Keys | Tombol ini termasuk tombol-tombol huruf (A-Z) dan tombol angka (0-9) yang umumnya memberikan tata letak yang sama seperti yang dari mesin ketik. |
2 | Numeric Keypad | Hal ini digunakan untuk memasukkan data numerik atau gerakan kursor. Umumnya, terdiri dari satu set 17 kunci yang diletakkan dalam konfigurasi yang sama yang digunakan oleh mesin menambahkan yang paling dan kalkulator. |
3 | Function Keys | Dua belas tombol fungsi yang ada pada keyboard yang disusun dalam satu baris di bagian atas keyboard. Setiap tombol fungsi memiliki arti yang unik dan digunakan untuk beberapa tujuan tertentu. |
4 | Control keys | Tombol ini menyediakan kursor dan layar kontrol. Ini mencakup empat tombol panah arah. tombol kontrol juga mencakup Home, End, Insert, Delete, Page Up, Page Down, Control (Ctrl), Alternatif (Alt), Escape (Esc). |
5 | Special Purpose Keys | Keyboard juga berisi beberapa tombol tujuan khusus seperti Masukkan, Shift, Caps Lock, Num Lock, spasi, Tab, dan Print Screen. |
![]() |
Gambar 1.1 Keyboard |
Mouse
Mouse perangkat penunjuk paling populer. Ini adalah perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal memiliki kotak ukuran telapak kecil dengan bola bulat pada dasarnya yang merasakan gerakan mouse dan mengirimkan sinyal yang sesuai untuk CPU ketika tombol mouse ditekan.
Umumnya memiliki dua tombol yang disebut tombol kiri dan kanan dan roda hadir antara tombol. Mouse dapat digunakan untuk mengontrol posisi kursor pada layar, tetapi tidak dapat digunakan untuk memasukkan teks ke dalam komputer.
Keuntungan Mouse
- Mudah digunakan
- Tidak sangat mahal
- Menggerakkan kursor lebih cepat dari tombol panah keyboard.
Joystick
Joystick juga perangkat penunjuk yang digunakan untuk memindahkan posisi kursor pada layar monitor. Ini adalah tongkat memiliki bola bola di kedua ujungnya bawah dan atas. Bola bola rendah bergerak dalam soket. joystick dapat dipindahkan di keempat arah.
Fungsi joystick mirip dengan mouse. Hal ini terutama digunakan dalam Computer Aided Merancang (CAD) dan bermain game komputer.
![]() |
Gambar 1.3 Joystick |
Light Pen
Light Pen / pena cahaya adalah perangkat penunjuk yang mirip dengan pena. Hal ini digunakan untuk memilih item menu yang ditampilkan atau menggambar gambar pada layar monitor. Ini terdiri dari fotosel dan sistem optik ditempatkan dalam sebuah tabung kecil. Ketika ujung pena cahaya pindah layar monitor dan tombol pena ditekan, elemen photocell penginderaan mendeteksi lokasi layar dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU.
![]() |
Gambar 1.4 Light Pen |
Track Ball
Track ball adalah perangkat input yang banyak digunakan di notebook atau komputer laptop, bukan mouse. Ini adalah bola yang setengah dimasukkan dan oleh jari pada bola bergerak, pointer dapat dipindahkan. Karena seluruh perangkat tidak bergerak, track ball membutuhkan ruang kurang dari mouse. Sebuah track ball datang dalam berbagai bentuk seperti bola, tombol dan persegi.
![]() |
Gambar 1.5 Trackball |
Scanner
Scanner adalah perangkat input yang bekerja lebih seperti mesin fotokopi. Hal ini digunakan ketika beberapa informasi yang tersedia di atas kertas dan itu harus dipindahkan ke hard disk komputer untuk manipulasi lebih lanjut. Scanner menangkap gambar dari sumber yang kemudian dikonversi ke dalam bentuk digital yang dapat disimpan pada disk. Gambar-gambar ini bisa diedit sebelum dicetak.
![]() |
Gambar 1.6 Scanner |
Digitizer
Digitizer adalah perangkat input yang mengubah informasi analog ke dalam bentuk digital. Digitizer dapat mengkonversi sinyal dari televisi atau kamera menjadi serangkaian nomor yang dapat disimpan dalam komputer. Mereka dapat digunakan oleh komputer untuk menciptakan gambaran dari apa pun kamera telah menunjuk. Digitizer juga dikenal sebagai Tablet atau Graphics Tablet karena mengubah grafis dan data bergambar ke input biner. Sebuah tablet grafis sebagai digitizer digunakan untuk melakukan pekerjaan baik dari gambar dan manipulasi gambar aplikasi.
![]() |
Gambar 1.7 Digitalizer |
Microphone
Mikrofon adalah sebuah perangkat input untuk input suara yang kemudian disimpan dalam bentuk digital. mikrofon digunakan untuk berbagai aplikasi seperti menambahkan suara ke presentasi multimedia atau untuk mencampur musik.
![]() |
Gambar 1.8 Microphone |
Magnetic Ink Card Reader(MICR)
perangkat input MICR umumnya digunakan di bank karena sejumlah besar pemeriksaan untuk diproses setiap hari. nomor kode dan cek jumlah bank yang tercetak pada cek dengan jenis khusus tinta yang berisi partikel bahan magnetik yang mesin yang dapat dibaca. proses membaca ini disebut Magnetic Ink Character Recognition (MICR). Keuntungan utama dari MICR adalah bahwa hal itu cepat dan kurang rawan kesalahan.
![]() |
Gambar 1.9 MICR |
Optical Character Reader(OCR)
OCR adalah perangkat input yang digunakan untuk membaca teks tercetak. OCR scan teks karakter optik oleh karakter, mengubahnya menjadi kode mesin yang dapat dibaca dan menyimpan teks pada memori sistem.
![]() |
Gambar 1.10 OCR |
Bar Code Readers
Bar Code Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca kode bar data (data dalam bentuk cahaya dan garis-garis gelap). Bar data yang dikodekan umumnya digunakan dalam barang-barang label, penomoran buku dll Ini mungkin diadakan scanner tangan atau mungkin tertanam dalam scanner stasioner. Bar Code Reader memindai gambar kode bar, mengubahnya menjadi nilai alfanumerik yang kemudian diumpankan ke komputer yang bar code reader terhubung.
Optical Mark Reader(OMR)
OMR adalah tipe khusus dari scanner optik digunakan untuk mengenali jenis tanda yang dibuat dengan pena atau pensil. Hal ini digunakan di mana salah satu dari beberapa alternatif yang akan dipilih dan ditandai. Hal ini khusus digunakan untuk memeriksa lembar jawaban ujian memiliki beberapa pertanyaan pilihan.
![]() |
Gambar 1.12 OMR |
Sumber : tutorialspoint.com
COMMENTS